Minggu, 08 April 2012

Perbedaan bluetooth dengan wifi

Sebagian besar dari kita juga menyadari kenyataan, bahwa wi-fi dan bluetooth nirkabel keduanya standar dan menggunakan gelombang pada frekuensi radio untuk tujuan transmisi. Ini adalah alasan mengapa banyak dari kita yang bingung antara dua teknologi, dan berpikir bahwa mereka menyelesaikan tujuan yang sama. Namun ada, banyak perbedaan antara wi-fi dan bluetooth. Di sini, dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan perbedaan-perbedaan ini kepada Anda. Apa Perbedaan Antara Wi-Fi dan Bluetooth Baik wi-fi (wireless fidelity) dan standar bluetooth didasarkan pada protokol terpisah. Hal ini menimbulkan perbedaan antara wi-fi dan bluetooth, yang menyebabkan bidang aplikasi mereka berubah drastis. Mari kita coba untuk memahami perbedaan antara wi-fi dan teknologi bluetooth, membandingkan dan kontras mereka, di berbagai aspek kerja mereka.
Wi-Fi
Wireless Fidelity, teknologi ini pada awalnya untuk menghilangkan keruwetan kabel dalammembangun sebuah jaringan computer, Wi-Fi bekerja pada frekuensi sama dengan Bluetooth yaitupada 2,4 Ghz, namun bedanya Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH),sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS), Intinya spread pada Wi-Fi akanlebih stabil dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth . Wi-Fi memiliki kelemahan yangsangat mengangu seperti masalah keamanan yang dapat di bajak ditengan jalan, dan rentan terhadapkonflik dengan perangkat lain dalam waktu yang bersamaan. Wi-Fi, dikenal dengan standar IEEE802.11b, mulai luas dioperasikan dan beberapa operator di Amerika Serikat mengope-rasikannya secarahot spot di berbagai lokasi seperti Bandar udara, kampus, hotel, coffee shop dll. Wi-Fi sendiri masihmengandung beberapa kelemahan .
Pairing
Infrared, Bluetooth, Wi-Fi, Infrared semuanya harus melakukan pengenalan dengan device yangakan bertukar data, istilah ini disebut dengan pairing. Device infrared pastilah sangat terbatas padakoneksi point-to-point dan memiliki proses pairing yang termudah , ketika terjadi kontak sinar infrared,maka protocol infrared akan memberikan nama yang unik sementara pada kedua alat tersebut.Bluetooth dan Wi-Fi memiki sedikit perbedaan dibandingkan dengan mkoneksi infrared, Bluetooth danWi-Fi dapat berfungsi didalam jaringan dimana terdapat banyak device, dan diberi nama yang unik agartidak bentrok. Agar dapat masuk dan terkoneksi dengan suatu jaringan maka device dengan Bluetoothdan Wi-Fi harus dilakukan konfigurasi yang harus diatur secara benar agar terjadi pairing dengan keduainterkoneksi ini.
Gambar
 
Bluetooth
Teknologi ini dipelopori oleh Ericsson yang saat ini mulai menggusur dominasi infrared untukperangkat bergerak(HP, PDA), teknologi ini sudah dikembangkan oleh sebuah konsursium yaitubluetooth special Interest Group (SIG). Cakupan Bluetooth bisa mencapai 10 meter dan tidak terhalangflesibelitas media, berbeda dengan media lainya seperti infrared atau Wi-Fi, Bluetooth memungkinkankoneksi antar piranti elektronik apa aja dan bukan hanya computer. Bluetooth dapat dibuatmembentuk PAN antar perangkat seperti computer, HP, PDA Kamera, bar-code reader, perangkat audiovideo bahkan sampai perangkat dapur. Bluetooth bekerja dengan menggunakan signal radio padafrekuensi 2,4 Ghz yang sama dengan WiFI untuk menghindari interpretensi maka Bluetooth bekerja 
dengan cara spread spectrum frequency hopping (SSFH). Pada saat perangkat Bluetooth akanterkoneksi maka perangkat harus melakukan hopping sequence agar dapat saling mengenali.Secara teoritis kecepatannya 1 Mbps, namun kecepatan efektifnya hanya 721 Kbps, ini untuk standarBluetooth 1.1, sedangkan untuk standar 1.0 mempunyai kecepatan hanya 420 Kbps PemakaianBluetooth sampai saat ini sudah sangat luas, diantaranya :
2.1 Wireless headset
Dahulu teknologi ini digunakan untuk HP, dimana penggunaan headset dengan menggunakan Bluetoothdapat mengakses tanpa batas, teknologi ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan fasilitasHPnya walaupun HPnya berada di dalam tas atau koper.
2.2 Internet Bridge
Teknologi ini juga memungkinkan HP untuk memanfaatkan kemampuan Dial-Up Networking yang adapada PC, memungkinkan kita didalam jaringan PAN untuk terkoneksi ke internet tanpa menggunakanmedia kabel jaringan. Fungsinya hamper sama dengan fasilitas Infrared untuk sebagai mediapenghubung ke Internet, namun bedanya perangkat tersebut dapat digunakan tanpa harus berhadapan.
2.3 File Exchange
Memungkinkan membentuk sebuah NT tanpa harus dipusingkan dengan setting domainya terlebihdahulu, misalnya : pada sebuah seminar si pembicara akan membagikan file presentasinya danpembicara cukup mengaktifkan fasilitas Bluetoothnya pada komputernya dan para peserta dapatmelakukan file transfer seizin pemilik dengan otentikasi
2.4 Sinkronisasi
Bluetooth memungkinkan sinkronisasi antar piranti dari PC, PDA, HP, sampai dengan peralatan dapur
Kelemahan
Terletak pada caranya mengurus data, secara teoritis dapat mengkoneksikan 7 perangkat secaralangsung, tetapi manejemen datanya hanya memungkinkan hanya dua perangkat sementara yang lainmenunggu
.Gambar
 
 
Perbedaan antara wifi dengan bluetooth antara lain:
 
  • Jangkauan
Kisaran wi-fi adalah maka cukup tinggi, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Sedangkan Bluetooth, di sisi lain hanya memiliki jangakauan sekitar 30 kaki atau hanya 10 meter
 
  • Standar 
instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. sedangkan Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth. 
 
  • Sambungan dan Instalasi  
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Pengguna hanya perlu mengaktifkan bluetooth agar bisa melakukan koneksi dengan perangkat bluetooth lain. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi jaringan diaktifkan, kita perlu menginstal router dan modem.
 
  • Jenis Jaringan

Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network).
 
  • Data Transfer 
Dengan bluetooth, kecepatan transfer data mencapai  800 kbps. Sedang wifi memiliki kecepatan yang lebih tinggi namun keamanan data lebih rentan.  Namun jika kita terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download yang didapat akan lebih kecil dari apa yang akan didapatkan ketika terhubung menggunakan internet broadband. Tapi secara umum kecepatan hingga 14 MBPS , lebih tinggi jika dibanding dg bluetooth namun tetap lebih rendah dari internet broadband. Disinilah sering terjadi kesalah pahaman dimana pada berbagai sumber sering disebutkan bahwa kecepatan bluetooth lebih cepat dibanding wifi. Kecepatan wifi sendiri tergantung pada sesifikasinya, untuk 802.11b mencapai 11 MBps sedang untuk 802.11n mencapai 100 Mbps. Jelas lebih cepat dibanding bluetooth
 
  • Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth  
Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses mengaktifkan bluetooth printer dari komputer Anda, menggunakannya. Sedang wi-fi, tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi juga dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan. 
 
  •  Tingkat keamanan
Tigkat keamanan pengiriman data untuk bluetooth lebih aman dibandingkan wifi. Namun bluetooth sendiri memiliki kekurangan karena rentan terhadap penyebaran firus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar